• Feed RSS

Pages

Selasa, 19 Juli 2011

X.25

Bookmark and Share
X.25 adalah international Telecomunication Union Sektor Standarisasi Telekomunikasi (ITU-T), ptokol standar untuk komunikasi WAN yang mendefinikan bagaimana koneksi antara perangkat pengguna dan perangkat jaringan dibangun dan dipelihara. X.25 dirancang untuk beroperasi secara efektif terlepas dari jenis sistem yang terhubung ke jaringan. Hal ini biasanya digunakan dalam jaringan packet-switched (PSNs) dari pembawa umum, seperti perusahaan telepon. Pelanggan dikenakan biaya berdasarkan penggunaan jaringan. Pengembangan standar X.25 dimulai oleh operator umum di tahun 1970-an. Pada waktu itu, ada kebutuhan untuk WAN protokol mampu menyediakan konektivitas di seluruh jaringan data publik (PDNs). X.25 sekarang dikelola sebagai standar internasional oleh ITU-T.


Karakteristik X.25

a. Ukuran paket maksimum dari X.25 berkisar antara 64 bytes sampai 4096 bytes, dengan ukuran default pada hampir semua network adalah 128 bytes.
b. X.25 optimal untuk line kecepatan rendah, 100kbps kebawah. Karena fasilitas X.25 seperti ukuran paket yang kecil, pengecekan error tersembunyi dan lainnya tidak akan signifikan seperti halnya pada kecepatan rendah.
c. X.25 telah menjadi dasar bagi pengembangan protokol paket switch lain seperti TCP/IP dan ATM. Sama seperti X.25, kedua protokol ini juga mempunyai kemampuan untuk meng-handle dari satu source ke banyak koneksi serta kemampuan menyamakan kecepatan pada DTE yang memiliki line speed yang berbeda.
d. X.25 telah diciptakan sejak pertengahan tahun 70 dan sudah banyak diperbaiki sehingga stabil. Dikatakan bahwa tidak ada data error pada modem di network X.25
e. Kekurangan X.25 adalah delay tetap yang disebabkan oleh mekanisme store dan forward, sehingga menyebabkan pengaturan rate transmisi data. Frame Relay dan ATM tidak punya kontrol flow dan kontrol error sehingga waktu hubungan end-to-end bisa menjadi minimal.
f. Penggunaan X.25 kini semakin berkurang, digantikan oleh sistem yang berbasis TCP/IP, walau X.25 masih banyak digunakan pada autorisasi Point-of-Sale credit card dan debit.
g. Tetapi, ada mulai ada peningkatan pembangunan infrastruktur X.25 dengan investasi besar pada seluruh dunia. Sehingga mungkin, X.25 masih tetap penting untuk beberapa waktu kedepan.

Kelebihan protocol X.25

- Protokol X.25 memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding RS-232 (64 kbps dibanding 9600 bps)
- Protokol X.25 memiliki kemampuan untuk menyediakan logical channel per aplikasi.
- Pendudukan logical channel dapat dilakukan secara permanen dengan mode PVC (Permanent Virtual Channel) maupun temporary dengan mode SVC (Switched Virtual Channel) disesuaikan dengan kebutuhan.
- Data transfer pada X.25 bersifat reliable, data dijamin bahwa urutan penerimaan akan sama dengan waktu data dikirimkan.
- Protokol X.25 memiliki kemampuan error detection dan error correction.

Kekurangan protocol X.25

- Tidak semua sentral memiliki antarmuka X.25. Sehingga diperlukan pengadaan modul X.25 dengan syarat bahwa sentral sudah support X.25.
- Untuk pengembangan aplikasi berbasis protokol X.25 membutuhkan biaya yang relatif lebih besar dibanding dengan RS-232 terutama untuk pembelian card adapter X.25.
- Untuk komunikasi data antara sentral dengan perangkat OMT beberapa sentral diidentifikasi menggunakan protokol proprietary vendor tertentu yang berjalan di atas protokol X.25.

X.25 Devices dan Protokol Operasi

Perangkat jaringan X.25 jatuh ke dalam tiga kategori umum :
a. peralatan terminal data (DTE)
perangkat perangkat terminal Data akhir sistem yang berkomunikasi melalui jaringan X.25. Mereka biasanya terminal, komputer pribadi, atau host jaringan, dan terletak di lokasi pelanggan individu.
b. data circuit-terminating peralatan (DCE)
perangkat DCE adalah perangkat komunikasi, seperti modem dan switch paket, yang menyediakan antarmuka antara perangkat DTE dan PSE, dan umumnya terletak di fasilitas kapal induk.
c. pertukaran paket-switching (PSE)
PSEs adalah switch yang membentuk sebagian besar jaringan induk. Mereka mentransfer data dari satu perangkat DTE lain melalui PSN X.25.



Packet Assembler / Disassembler

Assembler paket / Disassembler (PAD) adalah perangkat yang biasa ditemukan dalam jaringan X.25. TOMBOL digunakan ketika perangkat DTE, seperti terminal-modus karakter, terlalu sederhana untuk mengimplementasikan fungsionalitas X.25 penuh. PAD terletak antara perangkat DTE dan DCE perangkat, dan melakukan tiga fungsi utama:
a. buffering (menyimpan data sampai perangkat siap untuk proses itu)
b. perakitan paket
c. paket pembongkaran.

Gambar 17-2 Buffer PAD itu, merakit, dan disassembles Paket Data



Virtual Circuit X.25

virtual circuit adalah koneksi logis yang dibuat untuk memastikan komunikasi yang handal antara dua perangkat jaringan. Sebuah virtual circuit menunjukkan adanya jalan, logis bidirectional dari satu perangkat DTE ke seluruh jaringan X.25. Secara fisik, sambungan dapat melewati sejumlah node intermediate, seperti perangkat DCE dan PSEs. Beberapa sirkuit virtual (koneksi logis) dapat multiplexing ke sebuah sirkuit fisik tunggal (koneksi fisik). Sirkuit Virtual demultiplexed pada akhir jauh, dan data dikirim ke tujuan yang sesuai Gambar 17-3 menggambarkan empat sirkuit virtual terpisah menjadi multiplexing ke sebuah sirkuit fisik tunggal.



Dua jenis virtual X.25 sirkuit ada: diaktifkan dan transfer permanen Switched virtual
a. Sirkuit (SVC) adalah koneksi sementara yang digunakan untuk data sporadis. Mereka meminta dua perangkat DTE membuat, memelihara, dan mengakhiri sesi setiap kali perangkat perlu berkomunikasi virtual sirkuit permanen.
b.(PVC) yang didirikan koneksi permanen yang digunakan untuk transfer data yang konsisten dan sering. PVC tidak memerlukan bahwa sesi dibentuk dan diakhiri. Oleh karena itu, DTEs dapat mulai mentransfer data bila diperlukan karena sesi selalu aktif.

Operasi dasar dari virtual circuit X.25 dimulai ketika sumber perangkat DTE menentukan sirkuit virtual yang akan digunakan (dalam header paket) dan kemudian mengirimkan paket ke perangkat DCE terhubung secara lokal Pada titik ini, perangkat DCE lokal menguji header paket untuk menentukan virtual circuit untuk menggunakan dan kemudian mengirimkan paket ke PSE terdekat di jalur yang sirkuit virtual. PSEs (switch) lulus lalu lintas ke ruas jalan antara berikutnya, yang mungkin adalah switch atau perangkat DCE remote.

Protokol X.25 Suite

Peta protokol X.25 ke tiga lapisan terendah dari model referensi OSI. Protokol berikut ini biasanya digunakan dalam implementasi X.25: Paket-Layer Protocol (PLP), Link akses Prosedur, Balanced (LAPB), dan mereka antara lain serial interface fisik-lapisan (seperti EIA/TIA-232, EIA / TIA -449, EIA-530, dan G.703).

Packet-Layer Protocol

PLP adalah protokol lapisan jaringan X.25. PLP mengelola pertukaran paket antar perangkat DTE di sirkuit virtual. PLPs juga dapat menjalankan lebih dari Logical Link Control LLC2 2 () implementasi di LAN dan lebih dari Jaringan Digital Pelayanan Terpadu (ISDN) antarmuka berjalan Link Prosedur akses pada saluran D (LAPD).
PLP beroperasi di lima modus yang berbeda:

a. Call setup mode, Call setup mode digunakan untuk membentuk SVC antar perangkat DTE.
b. Transfer data, Modus transfer data digunakan untuk mentransfer data antara dua perangkat DTE di sirkuit virtual.
c. idle mode,digunakan bila sirkuit virtual dibentuk namun transfer data tidak terjadi. Hal ini dilaksanakan pada basis per-virtual-sirkuit dan hanya digunakan dengan SVC
d. call kliring, digunakan untuk mengakhiri sesi komunikasi antara perangkat DTE dan untuk mengakhiri SVC. Mode ini dijalankan pada basis per-virtual-sirkuit dan hanya digunakan dengan SVC.
e. Restart, modus Restart digunakan untuk sinkronisasi transmisi antara perangkat DTE dan DCE perangkat terhubung secara lokal. Mode ini tidak dijalankan pada basis per-virtual-sirkuit. Ini mempengaruhi semua perangkat DTE didirikan sirkuit virtual.

Empat jenis paket bidang PLP ada:
• • General Format Identifier (GFI)-mengidentifikasi parameter paket, seperti apakah paket tersebut menjalankan data pengguna atau mengendalikan informasi, jenis windowing yang digunakan, dan apakah diperlukan konfirmasi pengiriman.
• • Logical Channel Identifier (LCI)-mengidentifikasi rangkaian virtual di / DTE DCE interface lokal.
• • Jenis Paket Identifier (PTI)-mengidentifikasi paket sebagai salah satu dari 17 jenis paket PLP berbeda.
• • User Data-Berisi informasi encapsulated-lapisan atas. Bidang ini hanya hadir dalam paket data. Jika tidak, bidang kontrol mengandung informasi tambahan yang ditambahkan.

Link akses Prosedur, Balanced

LAPB adalah lapisan data link protokol yang mengatur komunikasi dan framing paket antara perangkat DTE dan DCE. LAPB merupakan protokol berorientasi bit yang memastikan bahwa frame benar memerintahkan dan bebas dari kesalahan

Referensi :
www.cisco.com

Post Terkait

0 orang yang berkomentar:

Posting Komentar