• Feed RSS

Pages

Jumat, 18 Februari 2011

Proxy

Bookmark and Share
Proxy adalah aplikasi yang menjadi perantara antara client dengan web server. Salah satu fungsi proxy adalah menyimpan cache.  Dalam jaringan LAN, apabila client mengakses URL webmaka browser akan mengirim request tersebut ke proxy server. Apabila tidak tersedia, maka proxy serverakan menangani langsung permintaan ke web server. Untuk kasus ini, akan mempercepat prosesbrowsing. Namun, berbeda dengan kasus berikut yang akan ilmu komputer jelaskan selanjutnya.


Ilustrasi gambar di atas seperti yang telah ilmu komputer jabarkan. Proxy dan proxy server adalah dua hal yang berbeda. Proxy merupakan layanan yang dimiliki proxy server, sedangkan proxy server bertugas melayani permintaan dari client. Bila mengakses halaman tertentu, IP Anda akan dicek dan disimpan apakah diperbolehkan menerima hasil request atau tidak. Apabila ingin mengakses web yang melarang IP selain negaranya atau hanya memperbolehkan dari negara tertentu, kita dapat memanfaatkan proxy.

IP merupakan identitas dalam dunia maya. Seperti halnya sebuah KTP, IP yang diberikan Internet Service Provider (ISP) bersifat unik. Tidak sulit untuk menemukan di mana lokasi seseorang dan layanan internet yang digunakan dari IP yang dimilikinya. Fakta ini menjadi keresahan bagi hacker yang berusaha men-deface atau memasuki celah keamanan suatu website. Karena hal tersebut, peran proxy sangatlah membantu penyamaran.

Proxy mampu menyembunyikan identitas pemilik IP. Ilmu komputer mengambil contoh seorang hacker yang berusaha merusak web http://target.com. Apabila ia berhasil merusaknya, sang admin akan melihat log IP yang pernah atau terakhir kali mengakses web-nya. Seperti yang tadi telah disinggung, IP merupakan KTP.

Seperti halnya penjahat di dunia nyata, sang hacker tidak ingin meninggalkan jejaknya begitu saja. Begitu banyak web yang menyediakan proxy. Untuk menyamarkanya, cukup dengan mengakses URL http://target.com melalui http://proxy.net (contoh). Sehingga seolah-olah yang terdata pernah mengakses http://target.com adalah http://proxy.net. Sedangkan IP sang hacker hanya ter-log di http://proxy.net. Meskipun lebih aman, imbasnya adalah koneksi semakin lambat. Cara seperti di atas masih dimungkinkan untuk dilacak. Namun, berbeda bila menggunakan proxychain atau menggunakan proxyuntuk mengakses proxy.



Post Terkait

0 orang yang berkomentar:

Posting Komentar