• Feed RSS

Pages

Jumat, 21 Januari 2011

Firewall

Bookmark and Share
Pada pembahasan kali ini, saya akan menerangkan tentang materi Firewall.



Firewall adalah suatu cara atau mekanisme yang diterapkan baik terhadap hardware, software ataupun sistem itu sendiri dengan tujuan untuk melindungi, baik dengan menyaring, membatasi atau bahkan menolak suatu atau semua hubungan/kegiatan pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya.
  • Jenis Firewall sendiri pun ada 2 macam, yaitu :

- Personal Firewall
Personal Firewall adalah pembatasan suatu aplikasi yang ada pada PC atau laptop untuk terhubung ke jaringan dari akses yang tidak ingin dikehendaki. Biasanya firewall jenis ini sudah terintegrasi pada kalangan Windows, contohnya Windows XP dan Windows Vista.
Secara umum hanya memiliki 2 fitur utama, yaitu Packet Filter Firewall dan Stateful Firewall.

- Network Firewall
Network Firewall adalah Firewall yang didesain untuk melindungi jaringan secara keseluruhan dari berbagai serangan. Umumnya dijumpai dalam dua bentuk, yakni sebuah perangkat terdedikasi atau sebagai sebuah perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sebuah server.
Network Firewall secara umum memiliki beberapa fitur utama, yakni apa yang dimiliki oleh personal firewall (packet filter firewall dan stateful firewall), Circuit Level Gateway, Application Level Gateway, dan juga NAT Firewall. Network Firewall umumnya bersifat transparan (tidak terlihat) dari pengguna dan menggunakan teknologi routing untuk menentukan paket mana yang diizinkan, dan mana paket yang akan ditolak.


Post Terkait

0 orang yang berkomentar:

Posting Komentar